Tim admin kita siap membantu menjawab pertanyaan anda. Silahkan tanyakan apa saja!

HAKIKAT KEMULIAAN SESEORANG

Luwungragi,assalafiyahbrebes.com

Suasana Kota Santri dan sayup angin khas Desa Luwungragi menemani langkah kaki santriwan,santriwati dan masyarakat desa Luwungragi (khususnya) dan warga Brebes untuk berangkat menghadiri pengajian sore bada asar di Masjid Al Istiqomah yang diampu oleh KH.Subhan Ma’mun.

“Kemuliaan seseorang hakikatnya datang dari Allah SWT”begitu lah sepenggal isi pengajian kitab Tafsir Ibnu Katsir pada jumat sore (31-01-2020)

Kyai Subhan pun menambahkan keteranganya ,” bahwa hakikat kemuliaan tidak boleh kita cari kepada sesama manusia,karena kemuliaan yang berasal dari manusia (contoh pilpres/pileg/pilkada) hanya bersifat sementara”

Sepenggal keterangan di atas dari beliau berdasarkan pembahasan pokok kajian kitab Tafsir Ibnu Katsir sore itu yaitu Q.S.An Nisa ayat 135-139 dengan fokus pembahasan pada ayat 139 (bisa kita lihat pada kitab Tafsir Ibnu Katsir juz 2 halaman 276-277)

الَّذِينَ يَتَّخِذُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِينَ ۚ أَيَبْتَغُونَ عِنْدَهُمُ الْعِزَّةَ فَإِنَّ الْعِزَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا

Artinya: (yaitu) orang-orang munafik yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kemuliaan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kemuliaan kepunyaan Allah SWT.

Adapun pembahasan dan penjelasan tafsir dari ayat di atas,tertuju pada sepenggal ayat berikut ini :

فَإِنَّ الْعِزَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا

Artinya;Maka sesungguhnya semua kemuliaan kepunyaan Allah SWT

Sepenggal ayat di atas dari Q.S.An Nisa ayat 139 diperkuat oleh ayat lain yaitu Q.S Fathir ayat 10

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعًا

Artinya: Barang siapa yang menghendaki kemuliaan, maka milik Allah-lah kemuliaan itu semuanya.

Mengkomentari dua ayat di atas, Kyai Subhan selaku pengasuh Ponpes Assalafiyah pun menambahkan keterangan,”Memang betul kemuliaan itu dari Allah SWT,akan tetapi itu semuanya harus didorong dengan sering membaca kalimah thoyyibah dan melakukan amal sholih”

Menurut Rais Syuriah PBNU asal Brebes ini,bahwa seseorang yang sering membaca kalimah thoyyibah (kalimah tahlil terutama) maka hatinya akan bersinar.

Kyai Subhan Ma’mun pun kembali membacakan goretan pena Ibnu Katsir yang memuat komentar dari pembahasan pokok (Q.S.An Nisa 139) sekaligus memberikan motivasi dan tips bagi seseorang yang ingin mendapatkan kemuliaan di sisi Allah (utamanya) dan di antara sesama manusia dengan cara memilih ikhtiar/step (langkah) yang diridhoi Allah SWT,memperbaiki cara dan kualitas ibadahnya,dan senantiasa bergaul dengan orang-orang mumin (yang sholih), berikut redaksi lengkapnya :

والمقصود من هذا التهبيج على طلب العزة من جناب الله والاقبال على عبوديته والانتظام فى جملة عباده المؤمنين

Yang dimaksud dari pembahasan ayat ini adalah,adanya perubahan menggapai kemuliaan sesuai dengan cara (langkah) yang Allah ridhoi, memperbaiki cara dan kualitas ibadahnya,dan senantiasa bergaul dengan orang-orang mumin (yang sholih).

Menurut Kyai Subhan Ma’mun,ala tholabil izzah min jinabillah (menggapai kemuliaan sesuai dengan cara (langkah) yang Allah ridhoi ) yang paling efektif adalah dengan gemar bershodakoh. Beliau menganalogikan tips rezeki yang lancar seperti kita main bola voli,ketika kita mendapatkan bola, langsung saja kita oper (bagikan) dengan teman bahkan musuh kita, begitu pun rezeki yang kita dapatkan dari Allah SWT.

Masih dalam pembahasan yang sama (hakikat kemuliaan seseorang) Kyai Subhan Ma’mun menambahkan kembali keterangan,” kemuliaan itu pun bisa datang dengan kita tadzim (hormat) kepada guru dan menghormati saudara kita”

Wallahu ‘alam bishowwab
Oleh Ulil Absor

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Kamut Ulama Salaf

Wali Santri Ponpes 1

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Wali Santri Ponpes 2

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 1

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 1 silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 2

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 2 silahkan klik tombol dibawah ini.

Konsultasi

Pondok I

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah I Brebes

Pondok II

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah II Brebes

Email

Klik disini untuk mengirim email kepada admin tentang pertanyaan dan saran untuk Ponpes Assalafiyah Brebes