Tim admin kita siap membantu menjawab pertanyaan anda. Silahkan tanyakan apa saja!

ORANG YANG DATANG SEPERTI ANDA BANYAK

Orang yang Datang Seperti Anda Banyak

Oleh : H. Lukman Nur Hakim

Luwungragi, 27 Februari 2021. Pada acara rapat panitia pembangunan Pondok Pesantren Assalafiyah 3, Klampok, Wanasari, Brebes, ada kalimat motivasi yang sangat baik dari K.H. Subhan Ma’mun yang penulis tangkap. Yaitu kalimat “Orang yang Datang Seperti Anda Banyak.”

Saat penulis mendengar pertama kali kalimat tersebut, sepintas biasa saja. Namun setelah K.H. Subhan Ma’mun menjelaskan maksud kalimat tersebut, ternyata mengandung makna “motivasi yang luar biasa bagi pembaca” atau dapat dikatakan sebagai “Terapi Literasi.”

Sebuah kalimat motivasi yang pernah dibaca dan layak dijadikan terapi diri. Menurut K.H. Subhan Ma’mun, kalimat tersebut rencananya akan dipasang di tempat yang mudah dilihat siapa saja yang masuk Pondok Pesantren Assalafiyah 3. Terutama pada anak jalanan yang mau mondok dan diantar oleh keluarganya. Sehingga kalimat tersebut, diharapkan bagi siapa saja yang membaca dapat membantu dan menyakini langkah keputusan yang diambilnya.

Perlu dipahami, bahwa setiap manusia hidup di dunia, dipastikan membutuhkan bantuan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti dalam bentuk tulisan, yang diharapkan dapat dijadikan sebagai kekuatan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Artinya dengan membaca kalimat motivasi dapat menata diri kembali pada jalan yang baik.

Secara tidak langsung, membaca bagi seseorang adalah mensugesti diri sendiri, untuk dapat menerima keadaan. Bangkit dari masa lalu yang kurang baik. Dan mengalirkan kesabaran dan prinsip hidup. Sehingga akal cenderung berpikir jernih dan jauh lebih tenang.

Terapi literasi “Orang yang datang Seperti Anda Banyak”, memberikan kesan pertama bagi pembaca calon santri yang membacanya. Bahwa anak jalanan yang mondok di Assalafiyah 3 banyak. Mereka tidak sendirian, tetapi di dalamnya banyak teman anak jalanan pula.

Membaca dalam kondisi senang, di depan pintu masuk pesantren, dimungkinkan akan membuat
calon santri akan semakin yakin terhadap pilihan yang ia ambil, untuk masuk dalam dunia pesantren. Karena dari tulisan tersebut dapat dijadikan sugesti tersendiri bagi calon santri.

Dari membaca kalimat motivasi dapat juga dijadikan sebagai energi penggerak, meningkatkan kepercayaan diri, bagi para calon santri atau seseorang yang membacanya. Dan juga sebagai sumber inspirasi untuk bangkit dari keterbelenggungan pada saat dahulu menjadi anak jalanan. Selanjutnya anak jalanan yang mondok, mampu menyelesaikan apa yang pernah dialami dengan penuh semangat.

Perlu dicatat oleh pembaca, apapun bentuk kalimat yang berisi motivasi tetap sangat berharga, bagi siapa saja yang memiliki kecenderungan untuk menuju kebaikan dalam berbagai hal. Memahami kalimat motivasi juga dapat dikatakan sebagai bentuk kedewasaan diri dalam berpikir dan menghadapi tantangan hidup.

Ketika membaca kalimat yang terpampang jelas ketika masuk pondok, diharapkan para calon santri tidak panik dan emosinal dalam memasuki lembaran hidup baru menjadi santri. Ia bahkan semakin semangat dan diharapkan akan lebih sabar dalam menata kehidupan diri yang lebih baik. Apalagi pada anak yang sedang terbangun semangat untuk menjadi manusia yang bermanfaat untuk diri dan orang lain.

Membaca tulisan motivasi, tanpa sadar para pembaca diajarkan bagaimana agar mampu menyelesaikan masalah dengan bijak dan menyakini kebenaran langkah yang diambilnya. Optimistis, inilah yang diharapkan dari para calon santri anak jalanan. Mereka dapat menyelesaikan permasalahan hidupnya dengan cepat dan tepat.

Semoga, tulisan motivasi “Orang yang Datang seperti Anda Banyak.” Segera terpasang kokoh di Pondok Pesantren Assalafiyah 3, dalam mengangkat anak yang belum beruntung agar lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain. Serta dibaca oleh para calon santri dari anak jalananan. Aamiiin.

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Kamut Ulama Salaf

Wali Santri Ponpes 1

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Wali Santri Ponpes 2

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 1

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 1 silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 2

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 2 silahkan klik tombol dibawah ini.

Konsultasi

Pondok I

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah I Brebes

Pondok II

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah II Brebes

Email

Klik disini untuk mengirim email kepada admin tentang pertanyaan dan saran untuk Ponpes Assalafiyah Brebes