Tim admin kita siap membantu menjawab pertanyaan anda. Silahkan tanyakan apa saja!

Relevansi Hukum Newton II dan Puasa Sunnah Bulan Syaban

Bulan Syaban telah masuk beberapa hari yang lalu,artinya sebentar lagi kita pun akan berjumpa dengan bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan,mudah-mudahan kita diberikan kesehatan dan taufiq dari-Nya agar bisa menjalani puasa wajib lebih khusu’ dan lebih maksimal.Amin

Bulan puasa adalah momentum yang besar bagi kita untuk memperbaiki diri dari segi ubudiyah, baik yang bersifat fadhailul ‘amal maupun yang bersifat fawadhilul ‘amal. Maka bulan puasa kalau kita boleh analogikan ibarat tamu yang agung,yang membawa sejumlah kemuliaan untuk kita semua. Sayang sekali dan amat sangat rugi kalau kita sambut dengan persiapan yang biasa-biasa saja.

Salah satu cara menyambut bulan ramadhan adalah dengan kita melatih puasa sunah di bulan syaban agar ketika kita bertemu dengan bulan ramadhan kita pun sudah terlatih dengan sempurna (well train),lambung dan system percernaan kita tidak bermasalah dan tidak kaget. Karena tidak bisa kita pungkiri,banyak diantara kita yang hanya puasa di bulan Ramadhan sehingga ketika diawal-awal bulan ramadhan banyak diantara kita yang merasa trouble (bermasalah) dengan sistem percernaan kita,hal ini terjadi karena sistem percernaan kita kaget,mendadak tidak bekerja di siang hari.

Seperti halnya sebuah benda yang akan kita tarik/dorong, maka gaya yang kita perlukan untuk pertama kalinya akan jauh lebih besar,lain halnya ketika benda tersebut sudah berjalan stabil. Sebagaimana hal ini bertendensi dari Hukum Newton 2 yaitu “Besarnya percepatan yang dialami suatu benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja terhadap benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa bendanya.” Artinya keberhasilan puasa sunnah kita di bulan syaban ini akan sangat memberikan pengaruh atas keberhasilan puasa ramadhan kita nanti karena secara tidak langsung puasa sunnah syaban ini memberikan percepatan,latihan dan warna dalam diri kita sehingga kita semakin semangat ketika menghadapi puasa yang wajib yaitu di bulan ramadhan.

Adapun dasar hukum bahwa di bulan syaban kita dianjurkan berpuasa sunnah adalah berdasarkan hadist Nabi SAW riwayat Aisyah

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلاَّ رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

“Dari Aisyah isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa hingga kami mengatakan; beliau tidak berbuka, dan beliau berbuka hingga kami mengatakan; beliau tidak berpuasa. Dan tidaklah aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyempurnakan puasa satu bulan sama sekali kecuali pada Bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihat beliau dalam satu bulan lebih banyak melakukan puasa daripada berpuasa pada Bulan Sya’ban”. (H.R.Abu Dawud)

Dan dalam kitab Nihayatuz Zain juga dijelaskan sebagai berikut.

الثاني عشر صوم شعبان لحبه صلى الله عليه وسلم صيامه فمن صامه نال شفاعته صلى الله عليه وسلم يوم القيامة

Artinya, “Macam puasa sunah yang kedua belas adalah puasa Sya’ban. Sebab Nabi Muhammad SAW sangat suka berpuasa pada bulan tersebut. Siapa saja yang berpuasa di bulan Sya’ban, ia akan memperoleh sya’faat di hari kiamat kelak.”

Semoga bermanfaat,wallahu ‘alam bishowab
Keterengan : Artikel ini sudah pernah tayang pada tanggal 10 April 2019 dengan sedikit penyuntingan
Oleh Ulil Absor

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Wali Santri Ponpes 1

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Wali Santri Ponpes 2

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 1

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 1 silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 2

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 2 silahkan klik tombol dibawah ini.

Konsultasi

Pondok I

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah I Brebes

Pondok II

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah II Brebes

Email

Klik disini untuk mengirim email kepada admin tentang pertanyaan dan saran untuk Ponpes Assalafiyah Brebes