Tim admin kita siap membantu menjawab pertanyaan anda. Silahkan tanyakan apa saja!

Ucapkan Asma Allah dan Sholat Berjamaah, Kunci Keberkahan Hidup

Dengan Asmaul Husna, Insya Allah Santri Putra dan Putri terhindar Virus Corona. Kalau disebutkan Namanya Allah rutin dalam kehidupan sehari-hari dan berjamaah setiap sholat Rowatib, maka keberkahan akan diperoleh bagi siapapun.

Demikian disampaikan oleh KH. Subhan Makmun pada acara Lailatul Muwaddaah di Ponpes Assalafiyah 2 Saditan Brebes, Kamis (2/4/2020).

Kyai Subhan menambahkan, dalam Fathul Bari jilid 9 halaman 7, mukjizat nabi hilang saat Nabinya Wafat, baik itu Nabi Sulaiman, Nabi Dawud, Kecuali Mukjizat Nabi Muhamad yaitu Alquran itu selamanya tidak akan hilang, dan semua umatnya nabi Muhammad merasakannya hingga sekarang.

Kitab Alquran kata kyai Subhan, bila santri membaca Alquran walau tidak tahu artinya maka dapat syafaat, dan syafaat yang paling banyak adalah Alquran, karena alquran bisa menjadi memberikan manfaat kepada umat yang hidup di bumi.

Alquran akan mendapatkan kekayaan, Virus yang ada atau Thoun ini sejak nabi Hisqil atau Dzul Kifli, memimpin umat dengan syariatnya dengan kitab taurot, karena dapat kitab taurat itu Nabi Musa.

Hidup yang enak seperti apa, Kyai subhan menjelaskan, jalan orang yang diberikan nikmat, maka ikuti jalannya para nabi, sahabat, tabiin, dan waliyullah, namun mereka sudah meninggal, maka dijawab ikutilh mereka yang melanjutkan ilmunya Nabi, maka taatilah ilmunya mereka.

Dalam Alquran,

لَقَدْ جَآءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِٱلْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ
yang artinya Artinya: Sungguh, telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan & keselamatan) bagimu, peyantun dan penyayang orang-orang yang beriman.

Saat virus merebak seperti sekarang ini, kyai Subhan menambahkan, jangan takut mati terkait virus qorona, kita tetap tawakal dan beribadah dan selalu bershodaqoh, banyak silaturokhim, tetap ikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, termasuk menghormati keputusan pemerintah yang baik.

Terkait jumatan saat virus corona, kata Kyai Subhan, hormati aja keputusan Pemerintah, karena pemerintah melihat kemanusiaan, sedangkan di agama itu mengambil pertimbangan maqashid al-Syari’ah menjadi lima bagian penting, yaitu: hifdz al-din (perlindungan agama), hifdz al-nafs (perlindungan jiwa), hifdz al-‘aql (perlindungan akal), hifdz al-nasl (perlindungan keturunan/keluarga), dan hifdz al-maal (perlindungan kepemilikan harta).

Kata penutup, siapapun yang berjuang secara ikhlas dan berkhidmah kepada ulama dan Pondok Pesantren, insya Allah hidupnya berkah dan rejekinya akan dilipatgandakan dan berkah hidupnya.

Oleh H.Bahrul Ulum

Bagikan ke:

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Kamut Ulama Salaf

Wali Santri Ponpes 1

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Wali Santri Ponpes 2

Untuk menjalin berkomunikasi antara pengurus, dengan wali  santri, silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 1

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 1 silahkan klik tombol dibawah ini.

Alumni Ponpes 2

Wadah menjalin berkomunikasi antara Alumni Ponpes 2 silahkan klik tombol dibawah ini.

Konsultasi

Pondok I

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah I Brebes

Pondok II

Klik disini untuk chat dengan mengirim Pesan Whatshapp ke Pengurus Pondok Pesantren Assalafiyah II Brebes

Email

Klik disini untuk mengirim email kepada admin tentang pertanyaan dan saran untuk Ponpes Assalafiyah Brebes